Friday, January 6, 2012

Kemampuan melakukan multitugas ( Lanjutan...)


Kemampuan melakukan multitugas:
  1. Kumpulkan Semua Data: anda semaksimal mungkin bisa mengumpulkan semua data baik pada chart instrument FX maupun korelasinya pada market finansial lain.
  2. Analisa Data: dapat melakukan analisa dalam waktu singkat untuk get in dan get out sesuai rules/metode yang spesifik.
  3. Membuat Keputusan: Setelah analisa, anda buat keputusan spesifik yang harus diikuti secara konsisten.
  4. Ambil Tindakan: Dari keputusan inilah anda melakukan entry/exit. Semakin cepat anda bertindak makin baik, apakah itu untuk entry atau exit. Jangan menunda suatu tindakan yang telah dirancang rapi, terutama jika trade tidak menguntungkan dan resiko melebihi toleransi, just get out.


Sebagai trader kita memiliki dua tanggung jawab utama:

  1. Identifikasi dan kuantifikasi resiko; yang pertama kali dilakukan adalah kalkulasi resiko, karena itu kita menyebutnya Risk Reward Ratio. Resiko dulu yang dihitung baru kemudian reward, seperti orang dagang bicara "Kita ngomong pahitnya aja dulu dah!!" Jadi kalkulasi resiko yang dapat dikontrol/ditoleransi untuk setiap trade baik dalam pips atau nominal dollarnya. Kerugian harus bisa diterima karena itu adalah resiko yang telah diperhitungkan, dan harus dikontrol 100%.
  2. Hanya ambil high probability trade; ikuti rule yang telah diberikan (nanti saya akan jabarkan lagi) yakni buy on demand, sell on supply, entry pada tiap berakout, atau entry saat pullback.


Perilaku Harga dan Struktur Chart:

  1. Kita berusaha mencari probabilitas (dari pola yang berulang) arah gerak harga.
  2. Price adalah leading indicator; dengan menerima kenyataan bahwa manusia di finansial market digerakan oleh faktor emosional maka harga adalah leading indicator sebagai cerminan perilaku buyer/seller.
  3. Mengetahui kondisi psikologi (sentiment) pasar; dari hargalah (leading indicator) kita ketahui apakah mereka bullish/bearish, gembira/kecewa dan dapat kita temukan pada chart lebih mudah daripada yang anda pikirkan.
  4. Supply and Demand; semua kondisi psikologis ini akan memberi informasi untuk mengetahui supply dan demand.


Informasi keuangan apa saja didunia ini yang diketahui (known) dan dapat diketahui (knownable) telah tercermin pada harga. Hal ini yang disebut discounted, dan pasar adalah tempat mekanisme discounted bekerja secara efisien, dimana event-event fundamental telah tercermin pada harga yang bergerak lebih awal karena persepsi itu tadi. Inilah yang disebut gerak "Smart Money" dari "informed buyer/seller" karena mereka memiliki akses dan sumber daya yang besar. Informed buyer/seller lebih sering bertindak sebelum "news" keluar, mungkin anda sering mendengar istilah "buy on rumours, sell on news", ini contohnya:


Contoh lain adalah saat The Fed memotong suku bunga 0.75% pada Maret 2008, bagi yang suka mengamati berita-berita fundamental akan tahu bahwa pemotongan ini adalah yang terbesar dalam sejarah The Fed. Kita gunakan chart UJ untuk melihat bagaimana smart money bermain:


Biasanya The Fed menaikan atau menurunkan suku bunga rata-rata 0.25%, jadi persitiwa tanggal 18 Maret 2008 pukul 02.15 adalah sesuatu yang luar biasa (3 kali lipat). Harusnya UJ anjlok tajam, karena secara logika dollar melemah (suku bunga turun) dan yen menguat. Tapi yang terjadi adalah sebaliknya, begitu berita ini keluar, dollar justru menguat tajam dan membawa UJ melonjak 200 pips. Coba anda cermati, pasar hanya menjalankan mekanisme diskon. Perhatikan bahwa sebelum news ini keluar, UJ telah turun tajam hari itu dan hari-hari sebelumnya (seperti ketika AU naik sebelum RBA news), pasar telah mencerminkan skenario terburuk yang mungkin terjadi. Sehingga saat news keluar, sudah tidak ada stimulus lagi untung mendorong UJ tambah turun. Justru ini menjadi pemicu likuidasi short position dan open new buy position, karena persepsi telah berubah.

Sementara semua faktor fundamental telah didiskon oleh pasar dan telah tercermin pada harga, maka reaksi harga sekarang yang anda lihat adalah persepsi trader terhadap faktor fundamental yang tidak/belum diketahui (I hope I make myself clear on this one). Sekali lagi, harga saat ini adalah persepsi kita tentang fundamental yang tidak/belum diketahui.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur kekerasan kata dan pornografi.Terimakasih.

YoeRieTrading