Wednesday, January 4, 2012

Perilaku Harga ( Price Action )

Dalam memahami pergerakan harga dan membantu identifikasi supply/demand, ada baiknya kita coba mempelajari apa yang disebut sebagai perilaku harga atau price behaviour. Materi yang akan disampaikan berasal dari SpyGlass UK, saya ringkas agar mudah dipelajari. Ada tiga topik utama yakni:

  1. Esensi dari Perilaku Harga
  2. Analisa Struktur Harga
  3. Analisa Kondisi Pasar, dan mengapa analisa ini penting sebelum mengambil keputusan entry.
Saat ini penggunaan analisa teknis makin favorit dikalangan trader dan institusi keuangan untuk membantu mengambil keputusan trading atau investasi. Namun kita juga melihat bahwa terjadi pergeseran dimana analisa teknis menjadi sekedar fungsi "buy and sell signal" dari penggunaan indikator-indikator ketimbang mengaplikasi prinsip dasar analisa teknis yakni study struktur chart dan perilaku harga. Price behaviour dan struktur chart adalah salah satu aspek penting dalam analisa teknis namun paling sering diabaikan. Padahal dengan memahaminya maka peluang untuk mendapat trade yang sukses makin besar.

Kondisi market dan aktivitas trading saat ini telah mengalami banyak perubahan dibanding dekade lalu:
  1. Pertumbuhan jumlah trader secara eksponensial dan trading technologi yang maju pesat, hal ini mempengaruhi volume dan likuiditas. Ini juga yang menyebabkan volatilitas pasar makin tinggi.
  2. High speed connection yang membuat trader bertempur dalam ukuran nano second. Bank dan institusi keuangan saling bertempur dalam memperoleh harga terbaik dan pertempuran ini membutuhkan proses waktu yang minimal dimana 1 nano second dapat membuat perbedaan yang sangat besar dalam menentukan siapa pemenang siapa pecundang apalagi dengan volume trading puluhan hingga ratusan juta dollar.
  3. Komputer dengan kecepatan tinggi sekarang dapat memantau dan memilah peluang.
  4. Kerahasian; bank atau market maker sengaja tidak ingin menunjukan intensinya dalam FX market agar dapat mengeksploitasi kelemahan lawan.
  5. Algoritma trading: yakni program komputer dengan analisa kuantitatif untuk menghasilkan keputusan buy dan sell secara otomatis jika kondisi terpenuhi. Sebagai contoh banyak trader menggunakan moving averages cross sebagai sinyal buy/sell. Program algoritma digunakan untuk melakukan analisa kecenderungan ini, dan akan menghasilkan keputusan buy/sell sesaat sebelum cross terjadi. Demikian juga dengan kecenderungan mayoritas trader yang menggunakan support/resistance sebagai acuan entry, dimana algoritma trading mengambil keputusan sesaat sebelum harga menyentuh S/R dan dapat membuat harga berbalik arah tanpa pernah menyentuh S/R level tersebut. Pada saat yang lampau indikator memberi keunggulan, namun kini indikator memberi orang lain peluang untuk mengalahkan kita.

Harga dan Faktor Yang Menggerakannya

Pergerakan harga adalah akibat langsung dari Persepsi Kolektif dari seluruh buyer dan seller di pasar, jika persepsi ini berubah maka harga pun akan berubah. Sebagai contoh pada posisi harga yang rendah (low) di chart anda, jika tidak ada seller yang bersedia menjual pada level rendah tersebut serta menginginkan harga yang lebih tinggi untuk jual, dan buyer bersedia membeli pada harga yang lebih tinggi maka harga akan naik. Sebaliknya at the High, jika buyer menolak membeli harga yang ada kini, dan hanya bersedia membeli pada harga yang lebih rendah, serta pada saat yang bersamaan seller bersedia jual pada lower level, maka harga akan turun. Persepsi kolektif inilah yang terus hidup dan mampu menggerakan harga hingga level ekstrim pada saat naik atau turun.

Jika pergerakan ini adalah persepsi kolektif, maka itu termasuk persepsi anda, saya, dan orang-orang lain sebagai manusia yang memiliki emosi. Karenanya market digerakan oleh manusia yang dapat membuat kesalahan dan disisi lain mampu membuat keputusan super jenius. Kita tahu bahwa aspek psikologis seperti FEAR, GREED, HOPE dan lain-lain sangat berperan besar dalam pergerakan market. Agar bisa menghasilkan trade yang sukses, kita harus mampu memahami jalan pikiran orang lain dan bagaimana ia berfungsi pada situasi trading yang berbeda. Orang-orang selalu berperilaku sama jika berada dalam suatu kelompok (contoh saja bonek atau jakmania), dan jika dalam tekanan (under pressure) maka mereka cenderung:
  1. Membuat kesalahan yang sama dalam membuat analisa
  2. Jarang menghasilkan keputusan yang rasional
  3. Lemah dalam mengelola resiko atau mencermati arah pasar
  4. Terjebak dalam situasi trade yang tidak menguntungkan dan menunda keputusan exit
.
Seluruh emosi manusia ini akan tercermin pada Price Action dan Chart serta menjadi sumber peluang bagi successful trader.Kita dapat melihat faktor emosi dan mengenalinya pada chart. Kesuksesan kita sebagai trader tergantung pada kemampuan untuk memahami kondisi psikis yang mempengaruhi harga dan memanfaatkannya bagi keuntungan kita. Succeesfull trader adalah yang mampu melihat peluang yang timbul dari emosi serta kesalahan analisa trader lain.

Emosi manusia serta pola pikir yang tidak rasional ini yang banyak membuat repetitive pattern (pola berulang) pada chart dimana dapat kita identifikasi, manfaatkan, dan menjadi peluang mencetak profit. Inilah sebabnya mengapa perilaku harga menjadi penting karena tercermin pada pergerakan pasar akibat ketidak rasionalan yang ada pada diri kita dan selalu berulang. Memahaminya akan memberi kita KEUNGGULAN (THE EDGE).

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur kekerasan kata dan pornografi.Terimakasih.

YoeRieTrading