Thursday, January 5, 2012

The EDGE ( Lanjutan...)

THE EDGE, inilah yang membedakan profesional dan amatir. Tanpa memiliki keunggulan, kita akan kehilangan uang dalam pertempuran. Profesional tidak akan memilih trade yang high risk/low reward. Keunggulan itu sendiri adalah: setup pada chart yang secara statistik memberi kita keuntungan dari perilaku pasar yang kemungkinan berulang diwaktu mendatang.


4 Elemen Dasar Keunggulan:
  1. Satu set rules atau metodelogi; rules ini harus jelas, dan Keep it Simple. Anda harus tahu apa yang anda lakukan dan mengapa melakukannya, serta anda ikuti rule secara konsisten
  2. Optimum Entry; Jika anda mendapat signal buy, upayakan buy at the best level karena kita ingin harga bergerak sesuai analisa dan dalam waktu singkat.
  3. Optimum Exit; entry buy saja tidak cukup, meskipun harga telah bergerak naik, kita harus close trade ini pada level yang optimum sesuai kondisi pasar.
  4. Pemilihan portfolio; artinya sebagai trader kita harus mampu melakukan trade pada instrument apapun. Apakah harus trade EU tiap hari? AU atau GJ saja? jawabnya tidak, kita trade instrumen yang memberikan peluang setup terbaik. Memang sebagai pemula wajar anda fokus pada satu atau dua pair untuk dapat memahami karakteristiknya, namun sebagai trader anda bisa trade apapun. Jika GBP/CHF memberikan setup yang potensial, lakukan trade. Mengapa demikian? karena anda telah memiliki set rule, metode, dan yang anda trade bukan hanya sekedar instrumen EUR/USD namun lebih daripada itu adalah trade perilaku manusia yang tercermin pada perilaku market.

Dimana kita temukan keunggulan ini:

  1. Edge dapat ditemukan pada tempat pertempuran Buyer dan Seller yang paling sengit (S/D area), dan yang kita lakukan adalah menunggu untuk melihat siapa pemenang dan siapa yang kalah.
  2. Support dan Resistance, breakout terjadi saat harga menembus S/R sebelumnya. Jika harga breakout maka trend follower akan bergerak mengikuti harga karena ada "gap" dalam persepsi manusia saat breakout terjadi
  3. Harga saat mendekati level Support/Resistance sering menunjukkan ketidak stabilan; jika breakout maka harga cenderung terus bergerak untuk beberapa saat dan jarak yang ditempuh cukup substansial.
  4. Jika anda breakout trader, maka ambil posisi long saat break resistance atau supply area, dan ambil posisi sell jika break support atau demand area.
  5. Exit buy pada short term resistance (supply), exit sell pada short term support (demand)

Dalam melihat chart anda harus melihatnya dalam perspektif PROBABILITAS, karena :

  • Tidak ada yang tahu harga akan bergerak kemana (apakah naik atau turun)
  • Setiap trade dapat menjadi winner atau losser

Tapi kita ingin mencari trade yang memiliki probabilitas tinggi sehingga dalam jangka panjang dapat secara konsisten menghasilkan lebih banyak winning trades ketimbang losing trades. Kita tidak berupaya untuk memprediksi arah harga, karena Tuhan juga tidak meminta kita jadi peramal. Kebanyakan trader pemula mengambil jalan sebagai peramal, dan sering mengucapkan "saya pikir dollar akan naik" atau "saya rasa GU akan turun", ini menunjukan mereka mencoba meramal masa depan. Jika benar maka mereka akan merasa bahagia setinggi langit, namun jika salah mereka akan merasa sangat terpukul dan mulai menyalahkan kanan kiri. Karena tidak ada yang tahu kemana harga akan bergerak, mengapa anda harus meletakan beban dipundak untuk meramal harga?

Yang anda perlukan adalah REAKTIF ketimbang PREDIKTIF. Jika terjadi kondisi X, maka anda bisa bertindak sebagai buyer, jika terjadi Y maka anda bertindak sebagai seller. X dan Y adalah kondisi yang terjadi dalam pasar yang memenuhi kriteria set rule yang ada. Profesional trader tiap hari masuk dipasar tidak membuat prediksi namun bereaksi terhadap gerak harga day in day out, karena memliki set rule untuk entry/exit dan hanya mengambil low risk/high reward trade. Kuncinya adalah konsistensi.

Trading itu simple namun tidak mudah. Dibutuhkan banyak waktu dan studi bagi seseorang untuk menyadari bahwa trading itu simpel. Dan perlu waktu waktu bertahun-tahun (saya harap ini tidak terjadi pada anda) dengan banyak losing trades untuk membuat orang memahami betapa sulitnya untuk tetap simpel, serta tidak melupakan prinsip dasar trading itu sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur kekerasan kata dan pornografi.Terimakasih.

YoeRieTrading