Saturday, January 7, 2012

Trend ( Lanjutan...)


Definisi sederhana trend adalah sederet higher high dan sederet lower low. Harga bergerak mengikuti trend, dimana trend sendiri bergerak layaknya gelombang. Gelombang (wave) terbagi dua:
  1. Impulse Wave (gerak searah trend); memberi tahu arah yang seharusnya kita ambil dalam melakukan trade.
  2. Corrective Wave (gerak koreksi/berlawanan arah trend); adalah gelombang reaksi/koreksi yang memberi informasi hingga kita bisa entry pada level harga yang lebih murah (dalam hal uptrend)
Ingat bagaimana Laird Hamilton surfing searah ombak yang ganas? Sekiranya ia melawan ombak, tergulung habis si Laird dan tidak akan menjadi seorang legenda pro surfer yang masih hidup.

Trend ini terjadi terlepas dari time frame yang anda gunakan, bisa terlihat pada M1 hingga monthly frame, karena struktur harga dan struktur chart adalah konstan. Yang membuat perberbedaan adalah manusia yang melakukan trade pada masing-masing frame tersebut, dan yang akan kita pelajari adalah bagaimana melakukan trade atas perilaku mereka. Ketika suatu trend telah dimulai, market akan terus bergerak dalam arah yang sama hingga suatu major event mengubah arah atau keseimbangannya. Persis seperti ombak yang bergerak hingga memecah bibir pantai. Diperlukan waktu dan upaya yang besar untuk mengubah arah trend. Semakin besar frame yang digunakan, makin signifikan gelombang yang ada. Jadi itulah yang saya maksud bahwa reversal adalah proses yang tidak terjadi begitu saja, butuh waktu dan tenaga untuk membalikan arah gelombang.

Trader sebagai manusia biasa cenderung melakukan hal yang sama berulang kali, dengan demikian maka kesalahanpun sering terjadi berulang-ulang. Seperti kata pepatah "Sejarah selalu berulang", gerak pasar dapat dikuantifikasi, setidaknya memiliki pola yang berulang. Pola yang diakibatkan pergerakan harga, kita sebut sebagai signal.

Market akan selalu berada dalam salah satu dari tiga kondisi berikut:
  1. Trend
  2. Konsolidasi
  3. Reversal
Anatomi dari Price Action

Jika disebut downtrend, maka kita lihat sederet lower low dari titik A ke B, sebaliknya uptrend adalah deretan higher high (circle hijau) dari B ke C. Diantara trend yang sedang berjalan kita temui area konsolidasi (garis hitam). Pada trend yang terjadi (impulse wave) selalu muncul gelombang koreksi atau sering disebut juga dengan retracement. Trend akan terus bergerak dalam periode tertentu hingga akhirnya mendapatkan reaksi yang lebih besar dan membalik arah trend (reversal). Perhatikan bahwa reversal membutuhkan waktu dan tenaga yang besar untuk bisa menandingi aksi gelombang yang ada. Pola ini terjadi berulang-ulang hanya skalanya saja yang berbeda.

Apa gunanya mengetahui sebuah trend? Jika kita dapat identifikasi sebuah trend terutama pada tahap awal terciptanya, maka kita tahu bahwa sederet higher high atau lower low kemungkinan besar (probabilitas) akan terjadi. Jadi ini memberi peluang untuk melakukan multiple entry searah dengan trend ketika retracement terjadi. FAKTA SEDERHANA: HARGA TIDAK PERNAH BERGERAK DALAM GARIS LURUS., selalu bergerak zig zag. Jadi dengan memahami kenyataan ini, maka trader akan berhenti mencari OP diujung-ujung, dan akan memandang setiap koreksi/retracement sebagai peluang untuk entry searah trend. Karena sekarang anda mempunyai sistem dengan probabilitas tinggi, jika uptrend, setelah harga terdorong naik, ia akan koreksi turun, kemudian bergerak naik lagi dan seterusnya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur kekerasan kata dan pornografi.Terimakasih.

YoeRieTrading