Sunday, January 8, 2012

Trending Market

Trending Market

Trend dalam banyak kasus tidak melakukan reversal tanpa memberikan signal atau peringatan dini bahwa ia akan berbalik arah. Tanda (sign) yang diberikan berupa pola-pola harga dan terkadang diiringi oleh buying atau selling climax. Sepanjang signal ini belum terlihat, maka trend yang ada masih valid.

Kita harus pahami dua hal:
1. Momentum mengiringi harga; momentum adalah velositas/kecepatan. Jika anda lihat EU turun misalnya dari 1.40 menuju 1.35 dalam waktu 1 minggu kita tahu bahwa ada momentum yang kuat dibalik price action tersebut ketimbang turun dari level yang sama namun memakan waktu 1 bulan. Konsep penting ini harus anda pahami benar, sehingga anda tidak terjebak mengambil posisi buy saat harga turun dengan cepat karena menganggap harga sudah rendah (catch falling knife) dan akan segera balik arah. Semakin pendek waktu yang dibutuhkan harga untuk bergerak dari satu level ke level lainnya, makin kuat momentum yang ada.


Kita tidak perlu indikator apapun untuk mengetahui bahwa ada momentum kuat dibelakang turunnya EU. Gerak yang tajam (garis merah) ini adalah momentum, yang makin tajam sudutnya makin kuat momentumnya. Inilah yang perlu kita cermati pada chart,

Dalam mempelajari Price Behaviour, saat downtrend, level terendah yang dicapai harga sebelum berkonsolidasi dalam area keseimbangan disebut Momentum Low (ML). Di point ML ini (bukan making love yah..hehehe) seller begitu bernafsu untuk jual, very excited.


Jadi saat melihat chart, yang pertama kita cari adalah ML pada S/D zone (MH untuk uptrend) dan kemudian menunggu konsolidasi agar dapat entry pada level harga yang lebih baik dalam zone tersebut. Ini adalah jenis entry untuk trader bertipe agresif. Sementara untuk trader yang lebih konservatif menunggu breaout ML, dan yang paling konservatif menunggu pullback, seperti yang sudah dijelaskan pada awal-awal thread. Karena semua jenis entry memiliki kadar resiko berbeda.


2. Momentum cenderung berakselerasi; Sepanjang deretan lower low (vertikal merah) masih ada, maka kita sedang berada pada kondisi down trending. Dan sepanjang momentum masih kuat mengiringi gerak harga, probabilitasnya adalah harga akan melanjutkan arah sesuai arah momentum. Breakout dari setiap zone ekuilibrium akan menjadi bukti meningkatnya volatilitas dan momentum sampai harga mencapai level ekuilibrium berikutnya dimana volatilitas dan momentum mereda.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur kekerasan kata dan pornografi.Terimakasih.

YoeRieTrading