Thursday, February 23, 2012

Pasar Eropa Kembali ‘Bersemangat’ Pasca Data Ifo Jerman


Mayoritas saham-saham di bursa utama Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada hari Selasa, pasca rilis hasil survey sentimen bisnis Jerman menunjukkan hasil yang melampaui ekspektasi. Kendati demikian kejatuhan saham AstraZeneca PLC masih membuat sektor farmasi tertekan.
Hasil survey Ifo menunjukkan sentimen bisnis Jerman bulan Desember meningkat menjadi 107.2 dari 106.6 bulan sebelumnya, yang mementahkan ekspektasi penurunan ke 106.1 dari para ekonom. Pasar terlihat merespon positif data tersebut, yang mengangkat indeks DAX Jerman menguat lebih dari 0,8%.
"Kenaikan 2 bulan berturut-turut pada indeks tersebut setidaknya telah menunjukkan jika perekonomian mulai kembali stabil setelah sempat melambat tajam dalam 3 atau 4 bulan sebelumnya," kata Jonathan Loynes, kepala ekonom pada Capital Economics.
Sedangkan indeks CAC 40 Perancis terpantau berhasil mengumpulkan sekitar 0,85% dengan dipimpin sektor perbankan dan otomotif. Saham BNP Paribas SA diperdagangkan sekitar 3% lebih tinggi, sementara saham produsen mobil Peugeot SA dan Renault SA masing-masing mencatat kenaikan 2,3% dan 2,1%.
Di Inggris, sektor farmasi terlihat masih membebani indeks FTSE 100 yang sejauh ini harus kehilangan sekitar 0,25%. Saham AstraZeneca anjlok hingga 2,3% setelah produsen obat itu menyatakan akan mengambil biaya pra-pajak sebesar $381,5 milyar dari biaya penelitian dan pengembangan yang terkait dengan studi obat-obatan.
Hal tersebut memberikan sentimen positif terhadap mata uang Euro yang berhasil menembus level harga tertinggi selama 2 bulan terakhir, saat ini EURUSD masih di perdagangkan pada kisaran 1.3341
Terhadap yen, euro naik menjadi ¥ 106,85, level tertinggi sejak pertengahan November. Yen telah melemah sepanjang minggu dan tetap di bawah tekanan sejak Bank of Japan mengumumkan langkah-langkah kebijakan pelonggaran lebih lanjut minggu ini. USDJPY mencapai tujuh bulan 80,39 tinggi kemarin dan tetap dekat dengan level tersebut hari ini, dengan berenang sedikit karena profit taking.AS data klaim pengangguran dirilis menjelang akhir sesi Eropa lebih baik dari yang diharapkan dan dekat dengan empat posisi terendah tahun, jadi ini membantu menopang dolar.
GBPUSD melompat lebih tinggi di banding EURUSD dan naik menjadi 1,5725 dari sesi rendah dari 1,5670, untuk memulihkan beberapa kerugian yang dibuat pada Rabu ketika sterling jatuh akibat melemahnya perbankan Inggris.

0 komentar: