Tuesday, February 28, 2012

Obligasi Yunani Tidak Bisa Jadi Jaminan ECB

Bank sentral Eropa (ECB), untuk sementara, tidak menerima obligasiYunani sebagai jaminan untuk mengakses fasilitas dana murah bank sentral. Keputusan ini diambil setelah S&P’s turunkan peringkat kredit Yunani menjadi default selektif akibat program debt swap yang dijalankan Yunani.

"Dewan moneter ECB telah memutuskan untuk tidak menerima sementara obligasi Yunani sebagai jaminan dalam operasi kebijakan moneter. Keputusan ini sebagai akibat dari program debt swap yang tengah dijalankan Yunani," tulis pernyataan ECB. “Meski demikian, institusi keuangan yang terkena dampak dari kebijakan masih dapat gunakan fasilitas likuiditas yang diselenggarakan oleh bank sentral di masing-masing negara.”

ECB katakan obligasi Yunani dapat kembali digunakan sebagai jaminan setelah program debt swap selesai dijalankan. Ini sesuai dengan hasil pertemuan puncak Eropa pada 21 Juli 2011, dan 26 Oktober 2011. Bank sentral Eropa berharap dapat kembali menerima obligasi Yunani sebagai jaminan pada pertengahan Maret mendatang.

Sementara itu, euro menguat di sesi London. EUR/USD kini diperdagangkan 1.3435, tidak begitu jauh dari level tinggi harian 1.3462


YoeRieTrading

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur kekerasan kata dan pornografi.Terimakasih.

YoeRieTrading