Wednesday, February 22, 2012

Masih Soal Bilout Yunani

Euro bertahan di atas level $ 1,32 sepanjang sesi perdagangan AS, setelah euforia dari kesepakatan bailout Yunani mereda banyak investor melakukan aksi profit taking. Pasangan ini sebagian besar diperdagangkan dalam kisaran 1,3266 dan 1,3197.



Pasar AS sedang mengejar ketinggalan hari ini setelah ditutup pada Senin kemarin untuk liburan hari Presiden, dan investor Amerika Utara mulai mencerna berita tentang persetujuan dari paket 130 miliar penyelamatan euro untuk Yunani, yang ditandatangani oleh menteri keuangan zona euro di Brussels pada dini hari Selasa.Saham AS menguat dan obligasi jatuh, menunjukkan kesepakatan tersebut membuat investor merasa lebih percaya diri beralih ke aset yang lebih aman.


Reli bantuan langsung adalah pada fakta jangka pendek positif bahwa Yunani telah menghindari default pembayaran obligasi yang jatuh tempo pada 20 Maret. Namun, euro belum mampu untuk menembus level resistance di kisaran $ 1,33, karena para investor menyadari masih ada sejumlah bidang yang menjadi perhatian terus menerus yang akhirnya tidak mampu untuk mendorong euro lebih tinggi. Investor khawatir tentang bagaimana Yunani melaksanakan langkah-langkah penghematan yang keras agar dapat disetujui bantuan tambahan dari mitra Eropa dan Dana Moneter Internasional.

Sementara itu, data kepercayaan konsumen zona euro yang dirilis sore ini menunjukkan kenaikan untuk bulan kedua berturut-turut pada Februari. Eropa menunjukkan tanda-tanda pengeluaran meningkat setelah runtuhnya di tahun lalu . Data positif membantu penguatan euro.



Euro mencapai level tertinggi tiga bulan terakhir terhadap yen pada sesi perdagangan Eropa, dan memuncak di perdagangan sesi New York, mencapai 105,77. Yen melayang di dekat posisi terendah multimonth terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya mengejutkan minggu lalu normal pada Bank of Japan mendorong spekulan untuk meningkatkan penjualan yen. USDJPY melayang dekat berbagai enam bulan tinggi, terikat sekitar 79,61-79,79.




Sterling merosot lebih rendah terhadap dolar di perdagangan AS, menyentuh titik terendah 1,5771. Sebelumnya pada hari itu GBPUSD tertinggi hit 1,5864.




Dolar Kanada diperdagangkan melemah terhadap mitra AS setelah data penjualan ritel Kanada kecewa pasar dengan jatuh lebih dari yang diharapkan pada bulan Desember. USDCAD mencapai tertinggi dari 0,9973.

0 komentar: