Tuesday, February 21, 2012

Euforia Bailout Yunani

Euro memberikan beberapa keuntungan pada sesi perdagangan Eropa sebagai euforia dari berita dari kesepakatan bailout Yunani mulai memudar. Mata uang tunggal naik lebih dari 1 persen Selasa pagi setelah Eurogroup mengatakan telah menyetujui bailout € 130.000.000.000 yang akan mencegah Yunani dari default jatuh tempo pembayaran obligasi pada 20 Maret mendatang.


Euro Sempat naik di level 1,3292 terhadap US Dollar akibat reaksi spontan langsung ke berita, tetapi EURUSD sempat kembali terkoreksi turun ke level 1,3197. yang di sebabkan karena kekhawatiran Investor terhadap kinerja Yunani dalam melaksanakan langkah-langkah penghematan yang keras agar dapat disetujui permintaan bantuan tambahan dari mitra Eropa dan Dana Moneter Internasional.

Meskipun persetujuan bailout kedua tidak menghapus ketidakpastian jangka pendek, implementasi mungkin terbukti menjadi jauh lebih sulit dan akan ada blok sandungan baru di depan, yang satu prospek pemilihan umum di Yunani pada bulan April. Skeptisisme untuk saat ini akan mencegah euro melanggar tingkat terakhir resistensi kunci di $ 1,33 dan mungkin kisaran terikat sampai fokus beralih ke Bank Sentral Eropa Kanwil DJP WP Besar (operasi jangka panjang Refinancing) minggu depan. Bank sentral diharapkan untuk menyuntikkan dana lebih murah ke dalam sistem. Hal ini menimbulkan kekhawatiran pada jangka panjang risiko terhadap euro, sehingga beberapa tekanan jual diperkirakan menjelang langkah ECB.

GBPUSD jatuh dari sesi London tinggi 1,5864-1,5771. Analis mengecilkan beberapa data yang baik Inggris menunjukkan ekonomi Inggris data publik sektor keuangan untuk bulan Januari mengalami surplus bulanan terbesar dalam empat tahun dan jauh lebih baik dari perkiraan. Sterling telah didorong oleh non-fundamental dan domestik terutama dipengaruhi oleh berita dari Yunani baru-baru ini.

0 komentar: