Monday, January 23, 2012

FX Players

Kita perlu memahami para pelaku pasar uang dan motivasinya agar dapat benar-benar memahami gerak pasar. Meskipun lebih dari setengah turnover FX ditangani oleh interbank market (trading antar bank), persentasenya makin menurun karena pertumbuhan partisipasi generasi investor baru yang makin canggih, sepert hedge fund dan CTA yang makin menunjukan jati dirinya ditengah persaingan pemain lama (bank-bank global). Karrenanya kita bagi para pelaku ini dalam empat kelompok besar yakni, market maker, corporate, spekulator, dan bank sentral.

Market Makers (Dealers)

Dibanding pelaku lain di market FX, market maker bukanlah konsumen pasar (non-customers), keberadaannya adalah untuk memberikan layanan jasa kepada klien yang membayarnya (fee based). Perbankan adalah satu-satunya partisipant yang memiliki banyak uang dalam membiayai aktivitas perdagangan internasional atau proses Merger & Acquisition yang membutuhkan dana miliaran dollar sebagai contoh, tapi karena tidak semua orang bisa melakukan trade langsung dengan bank, munculah perusahaan-perusahan broker yang menangani "sisa limpahan" klien bank. Tidak seperti bank dealer yang tujuan utamanya adalah membentuk/mencari harga terbaik bagi klien korporat, dealer di broker FX memainkan peran ganda seorang makelar yakni mencocokan order dari basis kliennya serta memungut spread dari klien tersebut (mirip specialist di NYSE). Spekulator sering menggunakan mereka (broker dealer) untuk tidak terlihat mecolok dalam berspekulasi, sementara prop desk (bank-bank kecil) menggunakannya dalam berarbitrase, sementara retail memanfaatkannya karena ukuran dan kemudahan persyaratan.

Meskipun peran seorang dealer di pasar secara teoritis, adalah sebagai penyedia likuiditas bagi pelanggan, faktanya berbicara lain. Dealer adalah mesin perusahaan yang diharapkan untuk menghasilkan uang (profit) dengan cara melakukan trade melawan posisi basis client-nya.

Corporate Account

Perusahan multinasional adalah tulang punggung dari market FX, karena skala dan intensitasnya menjadikan mereka pelaku utama. Bersama dengan lembaga-lembaga dana pensiun atau asuransi, perusahaan semacam Coca Cola, IBM, maupun General Electric adalah "real money" ketimbang mayoritas retail trader yang trading menggunakan leverage. MNC (multi national corp) melakukan transaksi (menerima dan membayar) dari seluruh penjuru dunia setiap harinya. Bisa dibayangkan berapa besar kebutuhan mereka akan FX yang diakomodasi perbankan tiap hari. Alur transakasi ini yang secara hati-hati di hegde dan direncanakan bagi keperluan budgeting dan proyeksi laporan keuangan. Karena kelompok ini tidak bertujuan spekulasi, maka semakin rendah volatilitas (gejolak) pasar, makin baik bagi mereka.

Speculator (Hedge Fund, CTA, Prop Desk, COM)

Kelompok ini adalah yang paling menarik untuk ditelaah. Tujuan utamanya adalah menghasilkan profit dari pergerakan pasar, sangat berbeda dibanding corporate yang menggunakan FX sebagai sarana pembiayaan atau broker yang mencari untung dari fee dan spread. Pemain besar dalam kelompok ini termasuk prop desk (bank kecil yang melakukan transaksi account-nya sendiri), hedge fund, commodity trading advisor (CTA), dan Currency Overlay Manager (COM). Trader-trader ini berani mengambil resiko (risk appetite) namun karena menggunakan leverage maka mereka paling rentan mengalami kerugian besar yang menyebabkan kebangkrutan. Seperti dealer, merekalah yang banyak berperan dalam intra day moves.

Bank Sentral

Bank sentral di seluruh dunia bertindak sebagai administrator pada market FX. Setiap bank sentral bertanggung jawab menjaga nilai tukar mata uangnya, dan bukan rahasia jika mereka sering turun menggerakan pasar sesuai kemauannya. Bank sentral adalah pihak yang paling gerah dengan keberadaan para spekulan, tudingan dan kambing hitam atas gejolak pasar uang sering dialamatkan ke mereka. Karena CB paling bahagia jika melihat spekulator terkapar, maka intervensi pasar dilakukan pada moment strategis untuk membuat spekulan terjebak dalam posisi yang tidak menguntungkan. Sebagian negara-negara kecil malahan menutup pintu sama sekali akan keberadaan spekulan-spekulan dengan membatasi aliran modal yang keluar masuk negara bersangkutan.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur kekerasan kata dan pornografi.Terimakasih.

YoeRieTrading