Saturday, December 24, 2011

Classic Patterns Dalam Prespektif Yang Berbeda

Kita sudah dengar dan mungkin mengenal pola-pola seperti Triangles, Flags, Pennants, The Cup and Handle, The Head and Shoulders, dan lain sebaginya. Nah sebelum anda mengambil keputusan buy atau sell, sebaiknya kalkulasi "profit margin" untuk memastikan ada ruang bagi harga untuk terus bergerak setelah entry. Mari lihat beberapa contoh berikut:


Walaupun pola ini terlihat hampir sempurna, apakah kita akan ambil posisi atau tidak, tergantung pada profit marginnya. Cermati dimana letak support (demand) jika kita entry short setelah breakdown dari bottom triangle. Pada pic terlihat ada ruang yang cukup untuk target support pertama dan masih ada sedikit ruang bagi target support kedua. Dalam contoh ini, entry short dari breakdown triangle, adalah keputusan yang baik dan valid. Jika saja support berdekatan dengan bottom triangle, besar kemungkinan trade short akan gagal.


Sekali lagi ini pola descending triangle. Bedanya adalah line of support agak berdekatan dengan bottom triangle yang artinya bahwa pilihan untuk short menjadi tidak ideal. Anda harus dapat mengkuantifikasi profit margin dengan cara menghitung jarak baik support (demand) atau resistance (supply) dari titik entry secara objektif.


Ini adalah pola Bear Pennant yang cukup populer. Disini terlihat bahwa profit margin cukup memadai, ingat bahwa pebisnis selalu menghitung profit margin sebelum launching atau menjual barang dagangannya. Perhatikan bahwa harga hanya sebentar dalam pennant, this is a good sign. Bear Pennant atau descending triangle disebut sebagai pola kontinuasi. Jadi besar kemungkinan harga turun, dan tugas kita menghitung potensi profit yang ada.
Sesempurna apapun suatu pola/formasi candle namun jika tetap menghasilkan trade yang gagal, kemungkinan besar hal itu terjadi karena breakout tepat menghantam level support atau resistance.

Gunakan Pola Chart Dengan Benar

Trader yang baik, bisa saja menggunkan pola-pola chart ini, namun mereka menggunakannya dengan cara yang berbeda dan selalu mengajukan pertanyaan pada diri sendiri. "Hmm jika saya ingin jual dengan tujuan profit yakni beli kembali pada harga yang lebih rendah, mengapa tidak sell pada salah satu Head atau Shouldernya?" Karena logikanya disitulah resistance atau area supply berada.
Contoh lain Cup and Handle. Pernah berpikir mengapa bottom dari Cup ini terbentuk?????? Tebak saja, dan jika jawabannya adalah karena itu area support (demand), maka anda benar. Itulah area low risk/high reward entry untuk pola ini, bukannya setelah breakout atau setelah akumulasi berlangsung, dimana orang lain akan ikut-ikutan beli pada level harga yang lebih tinggi. Biarkan orang lain membeli saat breakout dan menjual saat breakdown kapanpun yang mereka mau seperti yang ditunjukan oleh pola-pola klasik ini. Mereka akan selalu membayar lebih mahal kepada kita yang telah masuk ke pasar dengan resiko entry lebih rendah. Trader yang baik akan selalu berusaha sell sejauh mungkin dari area support dibawahnya karena jarak ini adalah "profit margin" nya. Dan ia akan berusaha semaksimal mungkin mencari posisi sell dekat area resistance (supply), karena itu satu-satunya cara untuk mengurangi resiko. Sebaliknya demikian juga untuk long atau buy.

Cara sederhana jika setiap kali anda menemukan pola-pola klasik ini pada chart, pastikan anda selalu melihat ke sebelah kiri chart. Jika anda melihat pola H&S, dan harga terlihat akan menembus ke bawah neckline, sebelum ambil keputusan sell pastikan bahwa tidak ada area congestion atau konsolidasi demand dekat dibawahnya. Jika ada, lupakan signal sell ini karena kemungkinan besar trade ini akan gagal. Jika breakdown, dan area congestion demand masih agak jauh di bawahnya, silahkan sell karena ada ruang untuk harga bergerak turun. Jika anda lihat pola Bull Flag, pastikan bahwa resistance (supply) masih jauh di atas, sehingga harga memiliki ruang untuk terus bergerak naik setelah anda beli. Menggunakan cara sederhana ini akan membedakan anda dari kumpulan orang banyak (herd/crowd) dan akan membawa anda lebih dekat kepada cara-cara profesional melakukan trade.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur kekerasan kata dan pornografi.Terimakasih.

YoeRieTrading