Wednesday, December 21, 2011

Back to Basic

Mungkin anda ingat dua orang tokoh yang namanya sering disebut dalam disiplin ilmu ekonomi dan fisika. Yang pertama Adam Smith, pelopor ilmu ekonomi modern sekaligus pelopor sistem ekonomi kapitalisme. Ia telah menyatakan ratusan tahun lalu bahwa jika supply melebihi demand pada suatu level harga tertentu, harga akan turun, dan sebaliknya. Sementara yang kedua adalah Sir Isaac Newton yang dalam hukum geraknya menyatakan bahwa sebuah objek akan tetap dalam aksi gerak (motion) sampai mendapat reaksi kekuatan (force) yang sama atau lebih besar. Lebih sering disebut Aksi dan Reaksi saja. Kedua contoh sederhana namun brilian ini telah teruji sepanjang masa dan secara langsung merupakan faktor utama dalam pergerakan harga di pasar yang kita trading dan terlibat di dalamnya saat ini. Jika saja mereka memilih karir sebagai trader, bisa jadi mereka adalah trader-trader handal hehehe....

Fokus dari tulisan ini adalah tentang apa yang disebut dalam teknikal analisis konvensional sebagai support (demand) dan resistance (supply). Kita akan coba gali lebih dalam apa sebenarnya support dan resistance tersebut, bagaimana kita identifikasi dan kuantifikasinya pada chart, dan bagaimana menggunakannya dalam membuat keputusan objektif sehingga menghasilkan profitable trading.
Seorang trader harusnya memahami bahwa mekanisme market itu tidak lebih dan tidak beda dengan pasar-pasar lain yang kita ketahui. Entah pasar saham atau pasar ikan di Muara Angke, kita saksikan bagaimana hukum permintaan penawaran bekerja dengan faktor manusia yang terlibat didalamnya. Inilah pokok utama penggerak harga, dan peluang muncul ketika hubungan sederhana ini menjadi tidak seimbang. Jika saja kita bersedia observasi interaksi supply and demand yang selalu ada tiap saat, seharusnya proses identifikasi kapan harga akan berbalik arah tidaklah terlalu sulit.



Support (demand) adalah level harga dimana lebih banyak buyer yang bersedia membeli dibanding seller pada level harga tertentu. Resistance (supply) adalah dimana lebih banyak tersedia supply dibanding buyer yang bersedia membeli supply tersebut pada level harga tertentu. Coba perhatikan chart di bawah ini untuk indentifikasi apa yg dimaksud dengan Demand.



Area A menunjukan level harga dimana terjadi keseimbangan relatif atau ekuilibrium antara supply dan demand. Setiap orang yg ingin jual dan beli di level harga tersebut masih dalam batas-batas keseimbangan, dan harga pun relatif stabil. Pada closing candle (B), hubungan supply dan demand telah bergeser dan tidak lagi seimbang. Sekarang kita tahu bahwa lebih banyak demand pada level harga A dibanding supply yang tersedia. Dari mana kita tahu kalau ini benar adanya? Satu-satunya yang menyebabkan harga bergerak naik seperti yg dicontohkan adalah karena pergeseran hubungan suppy/demand. Pada closing candle B, kita juga dapat simpulkan bahwa ada buyer-buyer yg bersedia beli di level A tersebut namun tertinggal karena harga sudah bergerak naik. Area A ini skarang dapat kita sebut secara objektif sebagai demand (support) area. Label C menunjukan adanya penurunan harga yang kembali ke level demand ini. Dan disinilah kita mendapat peluang low risk high reward trade karena harga kembali ke area yang sebelumnya telah menunjukan dominasi buyer. Nanti kita bahas bagaimana cara memanfaatkan peluang ini.
Kemudian kita dapat identifikasi supply (resistance) dengan cara membalik logika contoh di atas tersebut.


Identifikasi level harga true demand (support) and supply (resistance) ini mungkin adalah keputusan trading yg paling rumit (complicated). Khususnya, dimana kira2 harga mungkin akan balik arah (turning point) dan mengapa balik arah. Untuk itu definisi demand and supply yang sudah saya sebutkan di atas adalah satu-satunya informasi yang kita perlukan. Adam Smith membuatnya sederhana,logis dan nyata. Jika teorinya diaplikasikan ke market, semuanya jadi gamblang.
Kenyataannya satu-satunya informasi objektif yg tersedia adalah harga dan volume. Yg lain hanyalah turunan (derivatif) dari harga dan volume, jadi mengapa tidak langsung ke sumbernya? Kita sudah banyak baca buku dan dengar para komentator finansial bicara tentang moving averages, fibonacci retracement, dan lain sebagainya sebagai demand (support) dan supply (resistance). Ini ada benarnya namun tidak sepenuhnya benar. Semua indikator atau oscillator yg disebut sebagai alat bantu (tools) dalam identifikasi support/resistance hanyalah tools untuk menunjukan kondisi tertentu tools tersebut, bukan menunjukan supply dan demand sebenarnya. Tools ini bekerja hanya jika dalam kondisi yg persis sama dengan level supply/demand pada chart. Bisakah anda bayangkan kalau direktur keuangan microsoft yang saham nya listed di NYSE atau fund manager nya George Soros berbicara tentang oscillator atau pola candle head and shoulder? kecil kemungkinannya.
Saya tidak antipati pada penggunaan indikator, sama sekali tidak. Malah hal ini adalah wujud kreatifitas dalam mensiasati keterbatasan utamanya retail trader. Tetapi saya mengingatkan bahwa indikator2 tersebut adalah hanya alat bantu, jangan terpaku pada alat bantu. Datangi sumbernya yakni harga dan volume. Contoh ibu-ibu kita yang kalo mau belanja sebagus apapun barang yang diinginkan, yang paling sering muncul pertama kali adalah kata-kata "berapa harganya?" dan kita biasanya juga demikian dalam kehidupan sehari-hari. Bagi yang menggunakan indi-indi proses analisanya jangan terbalik, bukan dimulai dari indi baru harga, namun harga dulu baru indi. Saya yakin banyak pemula yang lebih mengamati indikator dibanding harga itu sendiri, sehingga sering terpaku atau malah terpana pada indi2nya. Karena itu judul posting ini back to basic, mari kita coba kembali memahami mekanisme pasar itu sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur kekerasan kata dan pornografi.Terimakasih.

YoeRieTrading